Rossi Cs Keluar 'Kandang' Pasca Mendapat Lampu Hijau untuk Tes Pramusim di Sepang

Para rider MotoGP akan menjalani tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia. (istimewa)

JAKARTAINSIGHT.com | Para rider MotoGP akan keluar "kandang" setelah hampir 1 tahun akibat dampak Covid-19.  Adalah tes pramusim MotoGP 2021 di Sirkuit Sepang, Malaysia, menjadi agenda perdananya. Tes ini tampaknya bakal berjalan sesuai rencana, yakni pada 14-16 dan 19-21 Februari 2021.

Sebelumnya, agenda tes pramusim MotoGP 2021 ini sendiri sempat diragukan bakal terlaksana, karena pandemi Covid-19 yang belum mereda.

Otoritas Protokol kesehatan Pemerintah Malaysia sempat mengeluarkan larangan untuk pelaksanaan tes pramusim MotoGP 2021.

Bahkan warga negara asing atau wisman yang akan berkunjung ke Malaysia wajib menjalani karantina selama tujuh hari, itu pun jika mereka menunjukkan hasil tes PCR yang negatif.

Dorna Sports, selaku penyelenggara MotoGP pun melakukan negosiasi agar tes dapat dilangsungkan.

Selain itu negosiasi juga untuk kelonggaran bagi para personel tim dan pembalap MotoGP yang akan menjajal motor di Sepang.

Kabar baik pun akhirnya muncul, negosiasi antara Dorna Sports yang juga didukung oleh Asosiasi Tim (IRTA), dan Kepala Tim SRT Razlan Razali, bersama Pemerintah Malaysia dikabarkan berjalan lancar.

Pihak pemerintah (Malaysia) hanya memperingatkan agar para tim dan pembalap untuk melakukan isolasi dan pembatasan sosial seketat mungkin selama berada di Malaysia.

Kabar kesuksesan penyelenggaraan tes pramusim MotoGP 2021 di Sepang, tidak lepas dari peran Razlan Razali yang juga merupakan eks CEO sirkuit Sepang dan Owner dari tim Yamaha Petronas SRT.

Razali diketahui merupakan keponakan dari Perdana Menteri Mahathir Mohamad, sehingga memberinya keuntungan dalam menjalin negosiasi dengan pemerintah Malaysia.

Selain itu, tes pramusim MotoGP 2021 memang memiliki arti penting bagi Razali dan Sepang Racing Team (SRT)

Dalam kesempatan ini (tes pramusim), SRT sekaligus akan memperkenalkan formasi pebalap baru mereka, yakni dengan hadirnya Legenda MotoGP, Valentino Rossi.

Sementara bagi Valentino Dorna Sport, tes pramusim menjadi pertama kalinya para rider MotoGP akan keluar 'kandang'.

Valentino Rossi CS hampir setahun hanya berlomba di Eropa saja, akibat pandemi.

Terakhir kali para pembalap kelas utama mengunjungi sirkuit di luar Benua Biru adalah pada tes pramusim di Sepang pada Februari 2020 lalu.

 

 

Penulis: Iwan
Editor:Mika Syagi

Artikel Populer