Dua Muslimah Asal Somalia dan Palestina Menangi Pemilihan Kongres AS

Roshida Tlaib dan  Ilhan Omar menang dalam pemilihan kongres di AS / istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Proses pemilihan anggota kongres Amerika Serikat mencatatkan sejarah baru setelah mencatatkan dua nama yakni Roshida Tlaib dan Ilhan Omar yang merupakan dua orang muslimah yang memenangkan pemilihan sela kongres AS 2018. Dan keduanya merupakan politikus Demokrat.

Ilhan Omar perempuan berusia 36 tahun ini merupakan pengungsi asal Somalia. Omar memenangkan pemilihan penuh dengan jumlah telak di Distrik Kongres ke-5 di Minnesota kawasan Minneapolis pada Selasa, 6 November 2018 waktu setempat.

Omar lari ke Negeri Paman Sam saat berusia delapan tahun bersama kedua orang tuanya akibat perang sipil yang melanda Somalia saat itu. Sebelum tiba di AS, Omar dan keluargnya sempat menghabiskan waktu empat tahun tinggal di kamp pengungsian di Kenya.

Dalam kampanyenya, Omar berjanji untuk memberikan kesetaraan merata pada semua rakyat di wilayah tersebut, termasuk biaya pengobatan yang terjangkau, upah minimum US$ 15 (Rp 220.000), dan kuliah gratis.

Sementara Roshida Tlaib merupakan mantan anggota Demokrat dari Dewan Perwakilan Michigan. Tlaib menjadi perempuan Muslim AS pertama yang bekerja di Legislatif Michigan, sekaligus muslimah kedua yang menjadi anggotan Kongres AS.

Roshida merupakan warga keturunan Palestina. Selama masa jabatannya sebagai legislator, Rashida merupakan salah satu dari 10 Muslim yang melayani di legislatif Negara Bagian di seluruh AS. Dia adalah Muslim kedua yang melayani di Dewan Perwakilan Negara Bagian Michigan, setelah James Karoub.

Tlaib dan Omar menambah jumlah muslim yang duduk di Kongres AS menjadi tiga dalam pemilu parauh waktu 2018. Andre Carson lebih dulu memastikan satu kursi setelah terpilih kembali di Indiana. Pria keturunan Afrika itu juga berasal dari Partai Demokrat.

 

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

BERITA LAINNYA