Khususunya Wanita Kurangi Konsumsi Ceker Ayam, Berikut Alasannya !!!

foto :istimewa

JAKARTAINSIGHT.com | Disejumlah wilayah tanah air, ceker ayam seringkali diolah menjadi makanan pendamping nasi atau lauk seperti sop, soto, gulai,dll. Dinilai memiliki rasa yang lezat bagi sebagian orang, ceker ayam saat ini mudah ditemukan sebagai makanan ringan atau snack kemasan.

Tak hanya lezat, jika kita mengonsumsi tulang atau sumsum dari ceker ayam, maka kita akan mendapatkan nutrisi seperti kalsium, magnesium, kalium dan fosfor. Kandungan mineral ini sangat baik bagi kesehatan tulang, saraf, pencernaan, jantung, dan sirkulasi darah. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan kandungan kolagen yang bisa mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Selain itu, kandungan glukosamin pada ceker ayam juga dapat mencegah datangnya penyakit radang sendi, asam hialuronat yang sangat baik bagi kesehatan kulit, dan kondroitin sulfat yang juga baik bagi kesehatan sendi sekaligus mengatasi peradangan pada tubuh.

Namun, dibalik rasanya yang enak dan manfaatnya yang cukup banyak, mengkonsumsi ceker ayam juga ternyata dapat memberi pengaruh buruk terhadap kesehatan. Ceker ayam ternyata memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi, khususnya pada bagian kulitnya. Keberadaan lemak jenuh inilah yang membuat banyak orang mengaku ketagihan saat mengonsumsi kulit ceker ayam.

Jika kita berlebihan dalam mengonsumsi kulit ceker ayam, dikhawatirkan tubuh akan mengalami masalah kolesterol tinggi yang sangat berbahaya, seperti dilansir dari laman DokterSehat.

Selain itu, penelitian lainnya juga mengulas, saat ini, beberapa jenis ayam yang biasa kita konsumsi sehari-hari memiliki bobot tubuh yang sangat besar, namun bukan dari hasil asupan pakan yang baik dan terjaga. Banyak ayam yang diberikan suntikan hormon pertumbuhan agar ayam tersebut menjadi lebih cepat besar dan bisa dipotong lebih cepat termasuk jenis antibiotik tertentu.

Proses penyuntikan ini, biasanya menggunakan bahan kimia berupa hormon pertumbuhan yang disuntikkan melalui bagian ceker ataupun bagian sayap dari sang ayam.Apabila anda ternyata sering makan ceker, maka bahaya makan ceker adalah kemungkinan zat kimia tersebut bisa pindah ke tubuh anda, sehingga dapat menjadi keracunan makanan di dalam tubuh, racun tersebut memiliki sifat karsinogenik, yang artinya tentu saja malahan dapat memicu munculnya penyakit kanker pada anda

Banyak sekali potensi munculnya penyakit kanker yang bisa muncul, seperti kanker serviks, kanker payudara, kanker rahim, dan juga banyak kanker lainnya. Bagi perempuan, ceker ayam ini juga dapat menyebabkan munculnya penyakit kista coklat atau yang sering dikenal dengan nama Endometriosis yang tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh wanita Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu kesehatan kita, karena berbagai penyakit tersebut merupakan jenis penyakit yang mematikan dan berbahaya bagi siapapun.

 

Penulis: Addo
Editor:Ganest

Artikel Terkait

BERITA LAINNYA