Awalnya Tegang, Pemeriksaan Amien Rais Berakhir Menyenangkan

Amien Rais memberi keterangan usai menjalani pemeriksaan di Polda Metro Jaya. (Foto: Tribunnews)

JAKARTAINSIGHT.com | Muhammad Amien Rais, Ketua Dewan Kehormatan PAN memenuhi panggilan kedua penyidik Polda Metro Jaya pada Rabu (10/10/2018) sebagai saksi berita bohong Ratna Sarumpaet, setelah sebelumnya absen di panggilan pertama.

Sebelum kedatangan mantan Ketua MPR itu ke Polda Metro Jaya, massa pendukungnya memenuhi jalan depan Mapolda Metro, mereka datang menggunakan mobil dan motor, bahkan terlihat satu mobil komando dengan Ketua Persaudaraan Alumni 212 (PA 212) Slamet Ma'arif di atas mobil untuk memimpin massa.

Ketika tiba di Polda Metro, Amien Rais bersuara lantang sebelum memasuki ruang pemeriksaan di Direktorat Kriminal Umum (Ditkrimum) Polda Metro Jaya. Ia berbicara mulai dari kejanggalan polisi dalam memanggil dirinya hingga meminta agar Kapolri Jenderal Tito Karnavian dicopot.

Setelah itu ia menjalani pemeriksaan yang berlangsung selama 6 jam dan keluar pada pukul 16.05 WIB. Berbeda dengan awal kedatangannya yang bernuansa penuh ketegangan, Amien keluar dari usai pemeriksaan dengan santai.

Ia yang datang didampingi dengan pengacara, putri serta menantunya itu bahkan menggambarkan bahwa pemeriksaan berjalan dengan menyenangkan.

Amien bercerita kepada wartawan bahwa pemeriksaan yang berlangsung selama 6 jam itu tidak sepenuhnya berjalan selama itu tapi separuh waktunya diisi dengan makan, salat serta berbincang santai. 

"Memang lamanya 6 jam, tapi sesungguhnya yang separuh itu untuk makan dan salat dan ngobrol ke sana-kemari," ujar Amien.

Ia pun menceritakan di sela pemeriksaan dirinya mendapat suguhan makanan enak yakni gudeg serta ayam kampung, hingga ditawarkan nasi timbel.

"Siang tadi makan gudeg ayam kampung, kemudian ditantang kalau (mau) bawa nasi timbel juga masih ada, tapi terlalu banyak," ucap Amien.

Tidak hanya itu, menyangkut materi pemeriksaan dari penyidik pun Amien menuturkan ada 30 pertanyaan yang diajukan, dan semuanya sangat jelas tidak berbelit-belit.

"Demikian smooth, demikian bagus. Pertanyaannya tidak muter-muter apalagi menjebak. Saya terima kasih sekali," katanya dengan santai.

Amien Rais merasa dihormati dan dimuliakan oleh penyidik yang selama pemeriksaan memperlakukannya sangat baik dan penuh keakraban.

"Saudara-saudara, saya merasa dihormati, dimuliakan oleh para penyidik. Jadi betul-betul suasananya akrab penuh tawa, penuh canda dan lain-lain," kata Amien.

 

 

Penulis: Ganest
Editor:Ganest

Artikel Terkait

BERITA LAINNYA