'Emerico' Hadirkan Layanan Teller Konvensional Lewat Teknologi Smart Banking

JAKARTAINSIGHT.com | Perusahaan teknologi internasional Emerico, baru saja memperkenalkan mesin Smart Banking. Teknologi ini menawarkan semua jenis layanan teller bank konvensional dengan kemampuan baru nan canggih, mulai dari pada layanan penerbitan debit instan atau kartu kredit. Mesin ini dilengkapi dengan kemampuan yang dimiliki oleh teller dan ATM bank.

Chief Executive Officer Emerico, Francis Lai dalam ajang Self-Service Banking Asia 2018 di Hotel Shangri-La, Jakarta menyampaikan, "Mesin ini menyediakan layanan ritel perbankan yang lancar, seperti layanan tatap muka pada teller bank dan meliputi kebutuhan pembukaan rekening, penerbitan kartu ATM, debit, kredit, cek, permohonan pinjaman, transfer dana, pengiriman uang tunau dan nontunai, serta penukaran mata uang asing," ungkap Francis.

Mesin tersebut diklaim sebagai gelombang baru dari mesin ATM (Automatic Teller Machine) dengan layanan digital yang lebih besar. Selain itu, mesin Smart Banking juga diklaim sebagai bentuk baru dari ATM yang mampu memangkas biaya operasional sebesar 30 persen serta biaya modal dari cabang perbankan.

Lebih jauh Francis juga menambahkan, teknologi dari Emerico akan membentuk masa depan perbankan dengan konsep yang mendorong penjualan dan kemampuan yang kompleks, yang nantinya akan ditambahkan ke mesin Smart Banking.

"Seiring kemampuan tersebut terus tumbuh dan terintegrasi secara mulus, layanan kelak akan 'menyusut' yang tadinya dari harian ke hanya beberapa menit. Ambil contoh, untuk penerbitan kartu debit, kredit, pinjaman, atau cek. Karenanya, teller cabang akan pindah dari belakang counter untuk lebih fokus ke transaksi lebih kompleks, seperti kordinasi pinjaman kredit rumah atau bisnis kecil," tambahnya.

 

Emerico sendiri menawarkan tiga jenis mesin Smart Banking:

1. Cockpit Smart VTM, dikustomisasi secara utuh dengan fitur dan fungsi yang terintegrasi dalam teknologi video. Sehingga, para pelanggan bisa berinteraksi dengan mesin ini lebih mudah untuk melakukan keperluan layanan harian, mulai dari permohonan pinjaman, pembukaan rekening, serta pembayaran tagihan kartu kredit.

2. V3 Smart VTM dengan iPad dipatenkan dengan teknologi dan antarmuka yang digital-friendly dengan fitur dan fungsi yang mirip dengan Cockpit Smart VTM. Hanya saja, desainnya lebih tipis, compact, dan irit tempat.

3. V3 Mobility dengan iPad sendiri adalah perangkat Smart Banking portabel dengan layanan untuk cabang 'Brick-and-Mortar' serta pelanggan di seluruh dunia.

 

Editor:Ganest

Artikel Terkait

BERITA LAINNYA